5 Gambaran Kondisi Kesehatan Anda Dengan Bentuk Kuku

siaran24.com – Anda mungkin pernah mengalami tampilan kuku tiba-tiba berubah menjadi lebih kuning, putih pekat atau kasar. Ternyata perubahan tersebut bisa menggambarkan kondisi kesehatan tubuh Anda. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), beberapa gejala mungkin tidak berbahaya tapi semuanya bisa jadi tanda penyakit kronis. Misalnya, kuku melengkung sebagai indikasi anemia atau kuku bergaris-garis sebagai tanda melanoma.

Berikut ini sejumlah perubahan kuku yang menandakan gejala penyakit kronis.

1. Kuku kuning

Siaran 24

Kuku kuning bisa saja akibat kebiasaan mengecat kuku berulang, faktor usia atau merokok yang bisa menyebabkan perubahan warna kuku.

Tetapi, kuku yang menguning juga bisa mengindikasikan jamur kuku. Pada kasus yang lebih serius, kuku kuning bisa saja merupakan tanda masalah tiroid, diabetes dan penyakit pernapasan.

2. Kuku kering atau retak

Kuku yang retak terkait dengan kekurangan vitamin A dan C, infeksi jamur atau penyakit tiroid. Selain itu, gaya hidup seseorang juga bisa berdampak pada kuku retak, seperti sering cuci piring, berenang atau penggunaan cat kuku terus-menerus.

Sedangkan kuku yang melengkung ke atas bisa berarti Anda menderita anemia, kekurangan zat besi dan hemochromatosis atau penyerapan zat besi berlebih, hipotiroidisme dan penyakit jantung.

3. Kuku melengkung

Kuku yang membengkak dan melengkung ke bawah bisa berarti oksigen dalam darah rendah hingga tanda penyakit paru-paru. Dalam kasus lebih serius, kuku melengkung juga bisa jadi tanda awal penyakit jantung, hati, dan ginjal.

Baca Juga :Hari Ini Penyuap Nurhadi akan Divonis Hakim

4. Kuku bercak putih

Bercak atau bintik-bintik putih pada kuku bisa disebabkan oleh cedera serius atau trauma. Selain itu, bintik-bintik putih pada kuku juga bisa menjadi tanda-tanda infeksi jamur.

5. Kuku bergaris

Kuku yang bergaris horisontal bisa jadi akibat demam tinggi, tanda psoriasis, diabetes atau penyakit peredaran darah. Sedangkan kuku bergaris vertikal bisa jadi tanda penuaan, kekurangan vitamin B12 atau magnesium.

Sumber