82 Triliun Pasar Manga di Jepang Naik Drastis

siaran24 – Pandemi COVID-19 mengubah prilaku masyarakat Jepang menjadi lebih gemar lagi membaca manga. Sebuah penelitian terbaru mengumumkan industri manga Jepang meroket tajam akibat pandemi. The All Japan Magazine dan Book Publisher’s & Editor’s Association (AJPEA) melaporkan data mengenai industri penerbitan manga Jepang di tahun 2020. Laporan menyebutkan rekor mencapai angka Rp 82 triliun atau naik 23 % dari tahun 2019.

Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak asosiasi melacak industri sejak tahun 1978.

Rekor sebelumnya terjadi di tahun 1995 ketika industri memperoleh angka senilai Rp 78 triliun.

Demon-slayer

Dilansir dari Anime News Network, pasar manga mengalami kenaikan untuk pertama kalinya sejak tahun 2014 dan menghasilkan Rp 36,1 triliun. Bahkan cetakan digital terus mengalami kenaikan ketimbang tahun 2019.

Penerbitan untuk pasang manga untuk volume terkompilasi cetak juga naik menjadi 24,9 persen. Sedangkan pasar majalah manga cetak turun sekitar 13,2 persen.

Laporan tersebut juga terpengaruh karena peningkatan penjualan manga dan penayangan film Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba. Layanan streaming video juga berkontribusi untuk beberapa judul manga.

“Pandemi COVID-19 yang membuat masyarakat Jepang bosan berada di rumah juga menyebabkan peningkatan popularitas cerita dunia paralel dalam manga,” tulis keterangan data terbaru.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba menjadi andil penting dalam industri penerbitan manga di Jepang. Bahkan manga yang diciptakan oleh Koyoharu Gotouge menempati 100 deretan terpengaruh versi Majalah TIME.

Baca Juga :Viral Lansia Asal Jerman Di Media Sosial

Nama Koyoharu Gotouge masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh menurut versi TIME. Ini adalah pertama kalinya TIME memilih komikus dalam daftar tersebut.

“Pencapaian itu membuat minat kepada penulis misterius itu ditelisik lebih dalam. Koyoharu Gotouge adalah ilustrator dan pencipta di balik waralaba,” tulis Kat Moon, seperti dilihat detikcom.

Nama pena Koyoharu Gotouge menerbitkan serial perdana Demon Slayer di 2016. Manga menceritakan tokoh protagonis remaja yang berlatih keras melawan iblis dan merasakan empati untuk makhluk yang dahulunya adalah manusia.

Sumber