Balapan Gp di Turki Di Tunda Sementara

siaran24.com – Saat ini Turki harus menangguhkan diri jadi tuan rumah balapan Formula 1 2021. Sebagai gantinya, F1 akan menggelar GP Styria di Austria. GP Turki seharusnya dihelat 13 Juni mendatang. Tapi, tingginya kasus penularan Covid-19 di Turki saat ini membuat pemerintah setempat memberlakukan pembatasan perjalanan di negara tersebut.

Seperti halnya final Liga Champions yang tidak dijadi dihelat di Istanbul, Turki dan dipindahkan ke Lisbon, Portugal, balapan F1 juga kena imbasnya. Turki lagi-lagi tidak bisa menggelar balapan F1.

Siaran 24

Dengan ditundanya GP Turki, maka kalender F1 2021 berubah lagi. GP Prancis yang sejatinya dihelat 27 Juni maju sepekan menjadi tanggal 20 Juni. Sementara, sebagai pengganti Turki, F1 menunjuk Austria sebagai tuan rumah di dua balapan beruntun.

Balapan pertama bertajuk GP Austria pada 27 Juni sementara yang kedua dinamai GP Styria pada 4 Juli. Semuanya dihelat di sirkuit Spielberg. Itu artinya bakal ada tiga belapan beruntun di bulan Juni dari Prancis hingga Styria.

“Sangat disayangkan, karena pembatasan perjalanan, balapan di Turki bulan Juni tidak bisa diadakan,” ujar pernyataan resmi F1.

Baca Juga :Menelusuri Sejarah Jejak Islam di Pulau Dewata

“Oleh karenanya, GP Prancis akan digelar seminggu lebih awal (18-20 Juni) dan Austria akan menjadi tuan rumah ganda (25-27 Juni dan 2-4 Juli). Kalender F1 2021 dirombak, saat Turki batal digelar dan jumlah balapan di Austria bertambah.”

Dengan demikian kalender F1 musim ini tetap berjalan 23 balapan. Meski demikian, promotor GP Turki tetap berharap balapan bisa dijadwal ulang seperti halnya yang diminta oleh penyelenggara GP China, yang harus menunda karena pandemi virus corona. Total ada tiga balapan sudah dibatalkan musim ini termasuk GP Kanada.

F1 2021 sudah berjalan empat seri sejauh ini dengan pebalap Mercedes Lewis Hamilton berada di puncak klasemen dengan 94 poin, unggul 14 angka dari pebalap Red Bull Max Verstappen.

Sumber