Beberapa Fakta Unik DI Balik Tokoh Kartun Yang Warnannya Kuning

siaran24.com – Kartun adalah salah satu tontonan yang disukai banyak kalangan. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun suka menonton film kartun. Selain menghibur, tokoh kartun lucu pun sukses membuat penonton menjadi gemas. Bahkan berawal dari tontonan, seseorang bisa mengoleksi boneka ataupun barang-barang yang identik dengan kartun favorit.

Banyak penonton ataupun pecinta kartun yang tidak sadar kalau ternyata banyak tokoh kartun yang berwarna kuning. Jika dipikir-pikir, memang banyak tokoh kartun yang berwarna kuning, mulai dari Spongebob Squarepants, Winnie The Pooh sampai Minions.

Banyaknya tokoh kartun diciptakan berwarna kuning bukan tanpa alasan, ada fakta unik di balik banyaknya tokoh kartun berwarna kuning. Ya, bukannya sesuatu yang diciptakan pasti ada alasan dan fakta unik di baliknya bukan? Salah satunya banyaknya tokoh kartun berwarna kuning.

1. Teori Warna

Siaran 24

Fakta unik pertama di balik banyaknya tokoh kartun berwarna kuning adalah tentang kontrasnya. Kontras tersebut memiliki peranan unik untuk menghasilkan tontonan yang penuh warna dalam sebuah kartun. Kuning merupakan salah satu warna primer bersama dengan biru dan merah, namun kuning adalah warna yang berbeda. Faktanya, 3 warna ini adalah contoh ekstrim dari warna kontras, dan semakin jauh warna yang diberikan dari warna primer, semakin kurang intens. Namun, warna primer yang digunakan di layar (TV, tentu saja, termasuk di dalamnya) adalah merah, hijau, dan biru.

Dalam skema warna ini, kuning dan biru berada di sisi berlawanan dari spektrum, membuat satu sama lain paling menonjol. Lantaran biru adalah warna umum di banyak latar belakang (seperti laut, langit, dll.), Hanya masuk akal untuk menggunakan kuning untuk karakter yang terlihat dan cerah.

2. Psikologi

Fakta unik selanjutnya di balik banyaknya tokoh warna kuning adalah berkaitan dengan psikologi. Ada banyak hal yang diperhatikan ketika menciptakan tokoh kartun baik dari bentuk sampai warnanya. Alhasil warna pada tokoh kartun bukan hanya sekadar warna, namun ada fakta unik dan penjelasan ilmiah dibaliknya.

Secara tradisional, kuning dikaitkan dengan kebahagiaan dan kegembiraan. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang menemukan bahwa sebagian besar partisipan (72%) menyatakan kuning sebagai positif, dan hanya 0,5% responden yang berpendapat negatif. Karakteristik kuning ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk karakter yang ceria dan santai dalam kartun.

3. Identik dengan Anak-anak

Warna kuning sering digunakan dalam iklan untuk anak-anak karena warna kuning juga mengasosiasikan warna ini dengan emosi positif, itulah mengapa seseorang dapat melihatnya pada logo Lego, Hot Wheels, Crayola, dan lainnya. Dalam pemasaran, warna kuning biasanya digunakan untuk mengemas produk yang menyenangkan. Tak heran jika warna kuning kerap dijadikan pilihan untuk warna tokoh kartun.

Melansir dari Brightside, dalam sebuah penelitian, anak-anak diberi pilihan antara krayon kuning dan coklat setelah mendengarkan cerita bahagia atau sedih. Mayoritas kelompok cerita bahagia memilih krayon kuning, dan sebagian besar anak dari kelompok kedua lebih menyukai krayon berwarna coklat, membuktikan bahwa asosiasi warna dengan suasana hati seseorang adalah penting.

Baca Juga :Rincian PPKM Mikro Diperpanjang dan Dipeluas Jadi 20 Provinsi

Jika dilihat, warna kuning memang merupakan warna yang sangat cerah dan membuat mata seakan berbinar melihat warna tersebut. Kuning merupakan warna cerah, melambangkan perdamaian dan keceriaan. Warna kuning adalah warna cahaya yang memberi rangsangan pada sel kerucut (cone cells) merah dan hijau pada retina mata manusia, tetapi tidak pada sel kerucut biru.

Bahkan seseorang yang suka warna kuning adalah menyukai bidang seni dan merasa nyaman berada di dekat orang-orang yang bekerja di bidang seni. Memiliki rasa percaya diri dan sangat tertarik dengan hal yang baru. Dia memiliki optimisme yang tinggi bahwa semua proyeknya pasti akan berhasil.

4. Dapat Menarik Perhatian

Fakta unik selanjutnya di balik banyaknya tokoh kartun berwarna kuning adalah dapat menarik perhatian. Warna yang cerah tak heran jika kemudian warna kuning merupakan salah satu warna yang dapat menarik perhatian penonton untuk menonton kartun.

Tak hanya identik dengan banyak tokoh kartun, warna kuning juga biasa digunakan untuk berbagai jenis lansiran yang perlu dilihat dari kejauhan dan menarik perhatian seseorang seperti lampu lalu lintas, rambu jalan, dan lain sebagainya.

Sumber