Charles Oliveira Gunakan Head Movement Yang Sangat Indah

siaran24.com – Juara baru dari kelas ringan UFC  yaitu Charles Oliveira yang sudah tampil dengan brilian kala menghadapi Michael Chandler dengan maksimal. Ia = memakai salah satu teknik jitu yang di milikinya adalah dengan gerakan kepala. Charles Oliveira vs Michael Chandler tersaji di Toyota Center, Houston, Minggu (16/5/2021) dalam UFC 262. Duel main event itu memperebutkan sabuk juara kelas ringan yang lagi kosong, setelah ditinggalkan Khabib Nurmagomedov.

Charles Oliveira akhirnya keluar sebagai pemenang. do Bronx, begitu julukannya menuntaskan laga di ronde kedua lewat TKO. Setelah kombinasi pukulan hook-nya mampu membuat Michael Chandler terjatuh.

Siaran 24

Dalam duel tersebut, detikSport coba mengulas momen-momen kuncinya. Terutama, soal head movement alias gerakan kepala Charles Oliveira!

Di ronde pertama, head movement Charles Oliveira menyelamatkanya dari TKO. Dua kali hal itu dilakukannya.

Pertama, kala Oliveira bertahan dari kombinasi serangan Michael Chandler. Oliveira melakukan double leg, tapi Chandler bisa mengantisipasinya.

Chandler dalam sekejap melakukan guillotine choke alias mengunci leher Oliveira. Kunciannya cukup ketat.

Oliveira tidak panik. Dirinya mampu memainkan kepalanya dengan baik dan bisa melepaskan diri.

Sebelum ronde pertama kelar, kembali Charles Oliveira tertekan kedua kalinya. Michael Chandler menguasai tempo pertarungan dan membuat Oliveira tersudut sampai terjatuh.

Dalam posisi itu, Chandler tak henti melancarkan pukulan kombinasi ke Oliveira yang sedang tersungkur. Penonton sudah bersorak, tanda kemenangan Chandler seperti sudah di depan mata.

Namun kembali, head movement Oliveira bekerja dengan baik. Oliveira tetap di bawah, menggerakkan kepalanya ke kanan dan ke kiri dengan kalem, demi menghindari pukulan bertubi-tubi dari Chandler. Lonceng berbunyi, Oliveira selamat.

Baca Juga :Pembahasan Harkitnas Mengenai Misi Sukarno dan Kontroversi Boedi Oetomo

Dua momen head movement mampu membuat Charles Oliveira menjaga ritmenya. Sebaliknya, hal tersebut tentu membuat Michael Chandler jadi frustrasi.

Akhirnya ronde kedua menjadi ujung pertarungan. Cuma 19 detik, Charles Oliveira mampu menumbangkan Michael Chandler.

Oliveira langsung menekan, melancarkan pukulan kombinasi satu-dua. Celaka buat Chandler, dirinya tersudut ke jaring dan tidak mampu menghindari gempuran dari do Bronx lewat tendangan dengkul dan pukulan siku.

Chandler sempat bergerak side to side, keluar dari jangkauan serang Oliveira. Sayangnya tidak berhasil, hook kiri Oliveira menghantam wajah Chandler, Chandler terjatuh, dan Oliveira menang TKO.

Head movement merupakan salah satu teknik bertahan dalam olahraga combat. Pergerakan kepala yang efektif, mampu menghindari serangan musuh. Terlihat mudah, tapi tidaklah segampang yang dikira.

Oleh sebab itu head movement kerap diibaratkan dengan kata-kata seperti ini; kalau mau tahu betapa besarnya perbedaan satu milimeter maka tanyakanlah kepada para petarung.

Sumber