EURO 2020, Rak Satupun Wakil Di Timnas Spanyol Mewakili Real Madrid

siaran24.com – Sejarah timnas spanyol pada walnya, tidak mewakili Real Madrid di skuad mereka pada sebuah turnamen besar. Senin (24/5/2021), pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique, mengumumkan susunan 24 pemain untuk melakoni putaran final EURO 2020.Antara sebuah kejutan atau bukan, tak ada nama Sergio Ramos di dalamnya.

Bagian mengejutkannya, defender sentral Real Madrid tersebut merupakan pilar vital di skuad La Furia Roja. Status sebagai kapten dan pemegang rekor penampilan terbanyak sudah cukup membuktikan betapa penting kehadiran Ramos untuk membimbing para pemain muda di tim.Namun, pencoretan pemain berusia 35 tahun itu menjadi bisa dimaklumi mengingat betapa ringkih kondisinya musim ini akibat cedera.

Sejak 14 Januari lalu, Ramos cuma tampil 3 kali untuk Real Madrid dan sekali berseragam timnas Spanyol. Menurut data Transfermarkt, Ramos bahkan mengalami 8 problem kebugaran yang membuat dia melewatkan 35 pertandingan dengan masa absen 150 hari.Untaian tersebut sudah termasuk rehat 9 hari karena terpapar virus korona pada 13-22 April.

Siaran 24

Masalah cedera terbaru Ramos adalah iritasi tendon yang membuatnya harus menepi sejak 6 Mei hingga diprediksi pulih pada akhir bulan ini.

Kalaupun Ramos pulih mepet-mepet jelang hari-H, bakal berisiko untuk langsung menggeber tenaga sang kapten di turnamen seberat Piala Eropa. Enrique menyadari konsekuensi tersebut.

“Dia pemain dengan kategori luar biasa, dia juga memperkuat klub hebat,” kata Enrique saat disinggung mengenai pencoretan Ramos dalam jumpa pers, seperti dikutip BolaSport.com dari Marca.

“Ada kemungkinan dia dapat pulih, tetapi saya tidak melihat itu tepat waktu,” ujar eks pelatih dan pemain Barcelona tersebut.

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, tak masuk skuad timnas Spanyol di Euro 2020.

Dengan pencoretan Ramos, otomatis kenyataan terburuk bagi Real Madrid benar-benar tercipta.

Untuk pertama kali dalam sejarah partisipasi timnas Spanyol di sebuah turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia), tak ada satu pun wakil Los Blancos disisipkan ke skuad.

Sebelumnya, minimal selalu ada satu awak Madrid jika La Furia Roja mentas di Euro atau Piala Dunia.

Kejadian langka tersebut hanya pernah muncul pada Piala Dunia 1950 di Brasil.

Kala itu, Real Madrid cuma diwakilkan Luis Molowny dalam skuad Tim Matador, yang finis di peringkat empat.

Selain mencoret Ramos, Enrique semakin dianggap menganaktirikan Real Madrid karena tak melirik personel lain Los Blancos.

Nacho Fernandez, Marco Asensio, Alvaro Odriozola, Isco, hingga Lucas Vazquez dianggap tak memenuhi standar yang dibutuhkan Enrique, baik secara fisik maupun teknik.

juga sempat menjadi idola di Real Madrid sebagai pemain – memanggil 3 pemain Barcelona, yang finis di bawah Los Blancos pada klasemen akhir Liga Spanyol 2020-2021.

Adapun klub pengirim wakil terbanyak di timnas Spanyol kali ini justru bukan dari dalam negeri, melainkan juara Liga Inggris, Manchester City.

The Citizens, yang juga dilatih legenda Barcelona, Pep Guardiola, mengutus 4 pemain, yaitu Aymeric Laporte, Eric Garcia, Ferran Torres, dan Rodri.

Apakah ini ada hubungan dengan dugaan favoritisme yang dilakukan Enrique?

“Ini adalah keputusan yang kami pikirkan masak-masak. Soal Ramos, saya sudah bersepakat dengannya dalam laga antara Madrid dan Sevilla,” ujar Enrique membantahnya.