Fakta Gunung Emas Yang Sedang Viral

siaran24.com – Berita Viral dan sangat Heboh di Kongo mengenai adanya gunung emas di media sosial. Orang pun terlihat beramai-ramai membawa sekop, alat gali bahkan dengan tangan kosong mencari emas. Republik Demokratik Kongo baru saja menghebohkan publik setelah sebuah video mengenai adanya gunung emas di negara itu viral di media sosial. Dalam video yang tersebar, terlihat banyak penduduk desa di Provinsi Kivu Selatan, Kongo, beramai-ramai menggunakan sekop, alat-alat lainnya bahkan menggunakan tangan kosong untuk mencari emas.

Seperti dilansir Reuters dan Hindustan Times, Jumat (12/3/2021) video lainnya menunjukkan penduduk setempat membersihkan tanah yang menempel pada emas dan mengumpulkannya di wadah lain.

Siaran24

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah untuk menemukan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran dan mengekstraksi emasnya,” kata Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas yang membagikan video viral itu di Twitter.

Akibat viralnya video itu, Pemerintah Kongo kemudian mengumumkan larangan aktivitas penambangan, setelah terjadinya demam emas di provinsi Kivu Selatan yang menarik ribuan penggali ke lokasi tersebut.

Pejabat Pertambangan Kivu Selatan, Venant Burume Muhigirwa mengkonfirmasi bahwa penemuan bijih kaya emas di wilayah Luhihi pada akhir Februari lalu telah menyebabkan demam emas, sehingga memberi tekanan pada desa kecil yang terletak 50 kilometer dari ibu kota provinsi, Bukavu.

Baca Juga :Usai Pemerintah Lobi Jepang Kans Ekspor Mobil ke Australia

Pada Senin (8/3) pemerintah menghentikan semua kegiatan penambangan di dalam dan sekitar desa. Para penambang, pedagang, dan anggota angkatan bersenjata Republik Kongo (FARDC) diminta untuk meninggalkan lokasi tambang sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Penambangan subsisten – mengekstraksi mineral dengan peralatan yang belum sempurna – adalah hal yang umum di seluruh Republik Demokratik Kongo, dan penambangan emas “artisanal” tersebar luas di bagian timur dan timur laut negara penghasil emas itu.

Sumber