Kisah Seorang Gadis Hampir Meninggal Setelah Minum Kopi

siaran24.com – Kisah yang menceritakan tentang Seorang gadis yang mengalami efek samping parah usai meminum segelas kopi susu. Dalam video viral yang sudah ditonton lebih dari 2 juta pengguna TikTok itu, gadis bernama Vina ini menuturkan efek kopi yang ia rasakan membuatnya tremor dan sesak napas.

“Sempat muntah dua kali dan sampai tremor. Awalnya muntah, tremor, mati rasa, sesak napas, lalu muntah lagi,” katanya dalam video di TikTok, Senin (5/4/2021).

Siaran 24

Kopi mengandung kafein, bekerja sebagai stimulan yang memengaruhi sistem saraf pusat. Minum kopi sendiri bisa menimbulkan efek bermacam-macam pada tubuh.

Beberapa orang yang gemetaran atau tremor usai minum kopi biasanya karena sudah terlalu kebanyakan mengonsumsinya dalam sehari. Tetapi, pada beberapa orang yang sangat sensitif, satu atau dua teguk kopi saja bisa membuatnya tremor.

Menurut Mayo Clinic, 400 miligram kafein sehari aman untuk kebanyakan orang dewasa. Jika masih remaja, dosisnya harus dikurangi dalam sehari.

Orang dengan hipersensitivitas tinggi terhadap kafein tidak dapat mentolerir kafein dalam jumlah kecil tanpa mengalami efek samping negatif.

Berbagai faktor menyebabkan sensitivitas kafein, seperti genetik dan kemampuan hati untuk memetabolisme kafein. Alergi kafein terjadi jika sistem kekebalan salah mengira kafein sebagai penyerang berbahaya dan berusaha melawannya dengan antibodi.

Baca Juga :13 Kota Indonesia Yang Akan Kedapatan Jaringan 5G pada 2023

Orang dengan sensitivitas kafein memetabolisme kafein lebih lambat, gejala mereka dapat berlangsung selama beberapa jam. Gejalanya termasuk:

– Detak jantung meningkat
– Mual
– Gugup
– Cemas
– Gelisah
– Insomnia

Sumber