Kisah Viral Wanita Cari Ibu Hilang Selama 16 Tahun di Mekah

siaran24.com – Kisah seorang wanita yang sedang mencari keberadaan ibunya melalui TikTok ini viral. Sang ibu awalnya berangkat ke Mekah untuk bekerja. Namun setelah satu bulan berada di Mekah, sang ibu menghilang tanpa kabar. Ialah wanita bernama Nurul Ariyanti yang membagikan kisah pilu tersebut di akun TikToknya @nurulariyanti7. Melalui video yang diunggahnya, dia mengungkapkan rasa rindu dan keinginan bertemu dengan ibunya yang bernama Barlian.

Dalam videonya Nurul juga mengungkapkan setelah sang ibu menghilang selama enam tahun semenjak pergi ke Mekah, ayahnya memutuskan menikah lagi dengan wanita lain. “Ayah: dengan keluarga barunya. Ibu : 2005 hilang di Mekkah tak ada kabar sampai sekarang,” demikian Nurul menulis di video TikTok @nurulariyanti7.

Dalam video berikutnya yang diunggah ke TikTok, Nurul memperlihatkan dirinya memiliki adik laki-laki. Dia seolah ingin menginformasikan pada ibunya melalui video tersebut bahwa dirinya dan sang adik sudah besar dan bisa hidup mandiri.

“Ma, pulang yuk. Pulang ma, kami sudah pada besar, sudah mandiri cari uang sendiri. Ohh iya nih ma, anak laki-laki yang mama impikan dari dulu, anak laki-laki yang umurnya 3 tahun yang mama tinggalkan, yang belum tahu apa-apa. Ini sudah besar maa, udah besar dari aku, kadang orang kira dia kakak aku,” ucap Nurul.

“Pulang maa, sudah terlalu lama ini.. Kami merindukanmu..” lanjut Nurul.

Ia pun sedikit menjelaskan di video TikToknya tentang alasan sang ibu berangkat ke Mekah untuk bekerja. Alasannya adalah karena faktor ekonomi. Dan sebelumnya juga sudah banyak saudara-saudara ibunya yang berangkat ke Mekah untuk bekerja.

@nurulariyanti7Pulang yukk 🙁 sudah lama mama hilang 😭##TerimaKasihPahlawanHebatku ##rinduibu ##mekka ##inginbersamamu ##sedihbanget😭😭😭♬ Halo Papah Mamah – Cheny Yarangga

“Karena faktor ekonomi ibu aku kerja disana pada tahun 2005 itu. Baru satu bulan kerja dikasih kabar ibu hilang dan semua pakaian beliau masih ada di gedung gak beliau bawa. Tapi alhamdulillah beliau sempat haji. Padahal saudara-saudara beliau ada disana, keponakan dan mereka juga cari ibu aku gak ketemu. 6 tahun ayah aku sendiri, jadi ibu dari anak-anak dan sekarang beliau sudah menikah lagi,” tulisnya lagi di TikTok.

Wolipop sudah mewawancarai Nurul Ariyanti yang mengunggah video TikTok tersebut. Ia merasa terkejut ketika mengetahui videonya viral.

“Yang pasti kaget, kan aku postingnya tanggal 12 Februari 2021 itu pas malam hari. Nah itu jelang beberapa menit langsung FYP dan besok paginya langsung viral,” kata Nurul, Senin (29/3/2021).

Wanita yang tinggal di Desa Telaga Silaba, Kalimantan Selatan itu menyebutkan jika sang ibu pergi ke Mekah untuk bekerja. Dan ada beberapa sanak saudara yang juga bekerja di Mekah.

“2005 ibu aku kerja di Mekah untuk memenuhi kebutuhan hidup, karena juga banyak keluarga ibu aku yang bekerja di sana jadi ibu aku juga pengen. Dan setelah satu bulan bekerja. Kami di kampung dikasih kabar bahwa ibu aku gak ada lagi di tempat kerjanya. Baju dan barang-barangnya tak ada satu pun dibawanya pergi semuanya ditinggalkannya di gedung tempat ibu aku bekeja,” ungkapnya.

Sebelum sang ibu menghilang tanpa kabar di Arab Saudi, Nurul yang saat itu berusia enam tahun mengaku pernah menelepon ibunya. Dia sempat berbincang dengan ibunya setelah wanita itu menunaikan ibadah haji sebelum bekerja.

Ayah Nurul Menikah Lagi

Nurul mengungkapkan semenjak ibunya di Mekah, ayahnya yang menjaga dan merawat semua anak-anak. Dalam kesehariannya sang ayah bekerja sebagai penjual ikan keliling. Nurul sendiri mempunyai lima orang saudara kandung, empat perempuan dan satu laki-laki.

“Pas ibu aku pergi itu cuma baru satu yang berkeluarga sisanya masih harus dinafkahin. Jadi ayah aku yang mengurus semuanya. Terus kakak aku yang nomer dua pas waktu itu dia masih SD, harus berhenti sekolah untuk merawat adiknya. Karena waktu itu adik aku laki-laki yang paling kecil masih berumur tiga tahun, ayah kerja, jadi kakak aku yang jagain,” imbuhnya.

Setelah enam tahun ibunya yang berada di Mekah menghilang tanpa kabar, pada 2011 ayahnya memutuskan untuk menikah lagi. Akan tetapi, ayahnya tetap memberikan kasih sayang kepada Nurul dan adiknya.

“Dan sekarang aku sama adik di rumah ibu dan ayah dulu. Soalnya kakak aku sudah sama keluarganya masing-masing. Tapi ayah aku kalau pagi-sore di sini kalau sore beliau pulang ke rumah mama tiri aku,” jelasnya.

Baca Juga :Thailand Targetkan Produksi 18 Juta Unit Kendaraan Listrik 2035

Dituding Mengarang Cerita

Nurul mengungkapkan jika keluarga yang berada di Mekah sudah mencari informasi tentang ibunya. Namun tak membuahkan hasil.

“Keluarga aku yang di sana cari-cari di mana-mana, tanya sana-sini. Ibu aku dulu nggak punya handphone. Dulu kami juga kalau mau telepon dulu harus pinjam ke tetangga. Nggak ada yang tahu mama di mana, sudah dicari ke mana-mana,” jelas Nurul.

Di akhir wawancara, Nurul berharap agar bisa dipertemukan dengan sang ibu. Namun di sisi lain dia malah mendapatkan nyinyiran dari warganet. Ada yang mengatakan jika Nurul merekayasa video tersebut karena saat merekam video keadaan kamarnya rapi dan terlihat estetik.

“Nggak papa netizen bilang apa aja. Tapi memang kenyataannya kayak begini. Ada yang bilang nggak sesuai dengan keadaan lah. Karena kamar aku sama barang-barang yang aku pakai. Itu semua aku dapatkan dengan jerih payah aku sendiri bekerja selama dua tahun,” pungkasnya yang tak mau ambil pusing.

Sumber