Pengumuman PPKM Hari Ini 2021

  • Share

Pengumuman PPKM Hari Ini 2021 – Pengumuman PPKM hari ini 2021 jadi informasi penting yang tak boleh dilewatkan. Pelaksanaan PPKM dievaluasi untuk mengetahui sebaran kasus Corona hingga vaksinasi di berbagai daerah.

Dalam pengumuman hari ini, ada beberapa hal yang disampaikan, salah satunya perpanjangan PPKM di luar wilayah Jawa-Bali dan evaluasi di wilayah Jawa-Bali. Terkait pengumuman tersebut, detikcom sudah merangkum informasinya berikut ini.

PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang

Pengumuman PPKM hari ini 2021 terkait perpanjangan di wilayah luar Jawa Bali. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan PPKM luar Jawa-Bali diperpanjang dua minggu ke depan, yakni hingga 22 November 2021.

“Perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali pada periode 9 November sampai 22 November atau diperpanjang 2 minggu,” kata Airlangga dilansir siaran24.com dalam konferensi pers, Senin (8/11/2021).

Meski diperpanjang, namun Airlangga menilai kondisi COVID-19 di luar Jawa-Bali kian membaik. Hal itu tercermin dari 27 provinsi di luar Jawa-Bali, kini sudah tidak ada daerah yang berstatus PPKM level 3 dan level 4.

“Dari 27 provinsi luar Jawa-Bali tidak ada yang di level 4, kemudian tidak ada di level 3, ini kita bicara provinsi dan 22 provinsi di level 2 dan 5 provinsi di level 1,” ucap Airlangga dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (8/11/2021).

Adapun untuk kabupaten/kota juga sudah tidak ada level 4. Hanya ada 4 kabupaten/kota yang berada di level 3, 231 kabupaten/kota di level 2 dan 151 kabupaten/kota di level 1.

Vaksin di 6 Provinsi Luar Jawa-Bali di Atas Angka Nasional

Dalam pengumuman PPKM hari ini 2021, Airlangga juga menyampaikan ada enam provinsi yang capaian vaksinnya di atas angka nasional. Keenamnya yakni:

1.Kepulauan Riau
2.Bangka Belitung
3.Kalimantan Utara
4.Kalimantan Timur
5.Nusa Tenggara Barat
6.Sulawesi Utara

Lalu, bagaimana dengan capaian vaksinasi di provinsi lain? Menurut Airlangga, capaian vaksinasi di provinsi lain masih di bawah nasional.

“Sementara yang sudah 2 dosis itu beberapa di luar Jawa-Bali yang capaiannya di atas nasional yaitu Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Jambi, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Utara. Sementara yang lain masih di bawah nasional,” katanya.

Pemerintah Naikkan Status PPKM di Wilayah Tertentu

Terkait pengumuman PPKM hari ini 2021, Airlangga juga menyinggung soal daerah yang vaksinasinya masih di bawah 50%. Untuk kabupaten/kota yang vaksinasinya di bawah 50%, Airlangga menambah status PPKM. Artinya, status PPKM di wilayah tersebut naik 1 level.

“Sehingga 156 kabupaten/kota asesmen level 2 karena vaksinasi di bawah 50% sehingga dinaikkan level 3 sehingga level 3 ada 160 kabupaten/kota. Kemudian di level 2 total 175 kabupaten/kota dan level 1 ada 51 kabupaten/kota,” jelasnya.

  • Share