Penyebab dan Cara Mengatasi HP Bootloop Yang Dapat Merusak Ponsel

siaran24.com – Kalian harus mengetahui beberapa penyebab yang bisa bikin hp kalian bootloop. Bootloop sendiri merupakan kondisi saat ponsel tidak bisa masuk ke dalam sistem serta berhenti berproses. Bootloop diambil dari kata Bahasa Inggris ‘boot’ dan ‘loop’. Boot dalam bahasa memiliki arti, suatu kondisi di mana ponsel bersiap untuk menyala secara sempurna.

Sementara itu, kata loop berarti berulang. Penyebab HP bootloop sebenarnya ada berbagai faktor. Akan tetapi pada dasarkan hal ini disebabkan oleh penggunaan dan perawatan ponsel yang kurang benar. HP mengalami bootloop sebenarnya wajar, akan tetapi jika terus-terusan terjadi justru mampu menjadi si perusak ponsel.

Siaran 24

Lantas apa saja penyebab HP bootloop si perusak ponsel? berikut ulasannya…

Mem-flash ROM Custom

Penyebab HP bootloop yang pertama adalah mem-flash ROM custom. Kebiasaan melakukan flashing custom ROM baru justru membuat ponsel mengalami bootloop.

Hal inilah yang memungkinkan menjadi penyebab data lama yang belum terhapus digunakan oleh sistem baru.

Overclock Android

Penyebab HP bootloop yang kedua yakni overclock Android. Awalnya hal ini terjadi akibat kalian ingin peningkatkan performa ponsel menjadi lebih cepat. Umumnya dilakukan dengan menaikkan kapasitas prosesornya dengan cara overclock.

Sebenarnya cara mempercepat performa ini bisa saja dilakukan. Namun yang harus diingat adalah jangan terlalu memaksakan. Itu artinya apabila ingin melakukan overclock pada Android, misalnya dari 1 GHz menjadi 2 GHz, maka bisa melakukan setengahnya saja. Atau lebih amannya lagi, kalian bisa melakukannya hanya seperempat saja.

Cara overclock ini tentu banyak yang diterapkan oleh pengguna. Akan tetapi tetap sangat dianjurkan untuk tidak melakukannya sama sekali. Karena, ponsel yang sudah dikeluarkan oleh pabriknya sudah melalui berbagai pengujian. Bukan hanya itu saja, ponsel tersebut juga telah melewati sejumlah penelitian. Tujuannya agar ponsel dapat bekerja secara optimal dan memiliki umur yang lama.

Pulihkan System Backup

Penyebab HP Bootloop yang ketiga yaitu pemulihan system backup. Hal ini disebabkan karena adanya dalvik-cache yang lama. Dan ternyata belum terhapus secara sempurna.

Sehingga menyebabkan penumpukan operasi dari sistem tersebut terhadap data sistem yang baru.

Ubah Isi Script dalam Folder Sistem

Penyebab HP bootlop yang satu ini mungkin sering kali dialami oleh para pecinta games. Di mana kerap mengubah isi script di dalam folder sistem.

Meski hal ini kelihatannya sepele, namun perlu diingat sistem telah dirancang sedemikian rupa untuk hasil terbaik. Oleh karenanya inilah yang berpotensi menjadi penyebab HP bootlop.

Salah Mengatur Permission

Penyebab HP bootlop berikutnya adalah karena salah mengatur permission. Jika kalian merupakan pengguna Android, maka harus mewaspadai hal ini. Sebab, sistem operasional HP Android sangat bergantung pada permission sistem yang benar.

Apabila salah mengatur permission dalam sebuah file sistem, maka hal ini mampu menjadi penyebab hp bootloop. Jadi, akan lebih baik bila kalian selalu mengecek dan memastikan permission dari sebuah file sistem sudah sesuai dan benar. Tentunya hal ini dilakukan agar tidak terjadi bootloop yang nantinya justru akan merugikan.

Pemasangan Mod

Penyebab bootloop yang terakhir adalah pemasangan Mod. Hal ini dapat terjadi apabila kalian melakukan pemasangan mod pada sistem operasional Android.

Biasanya HP menjadi bootloop akibat Mod yang dipasang ternyata tidak kompatibel. Tentunya dengan kondisi dari ROM yang digunakan pada HP.

Cara Mengatasi Bootloop

Soft Reset Ponsel Android

Setelah mengetahui penyebab HP bootlop, sebaiknya pahami juga cara mengatasinya. Melansir dari laman smallbusiness.chron, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan soft reset sederhana. Matikan ponsel Android dan keluarkan baterainya. Jika kalian tidak bisa melepaskan baterai pada model ponsel tertentu, biarkan perangkat mati setidaknya selama lima menit.

Kemudian hidupkan kembali perangkat untuk melihat apakah masalah boot telah diselesaikan. Terkadang hanya diperlukan soft reset cepat untuk menghilangkan bug dari proses startup.

Reset Seperti Kondisi Bawaan Pabrik

Meski langkah ini jelas berhasil tetapi akan sangat disayangkan jika kehilangan berbagai file. Misalnya seperti foto yang ada pada ponsel. Pengaturan ulang pabrik telepon akan sepenuhnya menghapus data dan mengembalikannya ke pengaturan pabrik asli.

Baca Juga :Perjuangan Andrew Andika Mengurus Bayinya

Caranya yakni dengan mematikan perangkat dan boot ke Recovery Mode. Langkah-langkah yang tepat untuk mem-boot ke Mode Pemulihan bergantung pada pabrikan ponsel. Dari sana, pilih “Wipe Data/Factory Reset” dan mulai prosesnya. Setelah dihapus, pilih “Reboot System Now” dari menu utama.

Menggunakan CWM Recovery

Apabila ponsel sudah di-root dengan CWM, langkah-langkah untuk menghapus perangkat berbeda. Matikan ponsel dan luncurkan ke Mode Pemulihan CWM dengan menekan tombol Home, power, dan volume up secara bersamaan. Kombinasi tombol ini mungkin akan berbeda untuk ponsel Android khusus.

Pilih “Lanjutan”, pilih “Hapus”, lalu pilih “cache Dalvik”. Selanjutnya, pilih “Mount dan Storage” dan kemudian gunakan “Wipe / cache”. Hidupkan ulang ponsel dan masalah harus diselesaikan.

Sumber