Piala Dunia 2022 Qatar Akan Terapkan Teknologi VAR Semi Otomatis

  • Share

Piala Dunia 2022 Qatar Akan Terapkan Teknologi VAR Semi Otomatis – Regulator sepak bola dunia FIFA telah menyetujui penggunaan Teknologi Semi-Otomatis Offside (SAOT) baru untuk VAR pada Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sistem berbasis Artificial Intelligence (AI) tersebut akan menggantikan VAR yang secara manual menghubungkan garis melintasi lapangan ke pemain dan memilih kapan bola telah ditendang. Hal ini dimaksudkan untuk membuat keputusan VAR yang lebih cepat dan lebih akurat, sekaligus memberikan visualisasi yang lebih baik untuk penonton di stadiun dan di televisi. siaran24.com

Joker338

Sebuah sensor akan ditempatkan tepat di tengah bola Piala Dunia Adidas “Al Rihla” dan juga merekam data 500 kali per detik untuk mendeteksi saat bola tersebut telah ditendang. Semua pemain akan dipetakan untuk membuat model AI dari posisi mereka, dimana ini adalah merupakan yang mirip yakni dengan teknologi garis gawang.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat keputusan offside VAR harus dikurangi dari rata-rata 70 detik menjadi 25 detik, sementara itu para penonton di dalam stadion serta penonton yang menonton di televisi akan diberikan animasi 3D untuk menunjukkan terjadinya offside dengan jelas.

FIFA sendiri sudah mencoba coba SAOT dalam kompetisinya sepanjang 3 tahun terakhir, yang berpuncak pada uji langsung di Piala Bumi Antarklub di Qatar pada bulan Februari kemudian yang teruji sukses. Alameri Zayed dari Al- Jazira merupakan pemeran awal yang golnya dianulir memakai SAOT.

Baca juga: Kadir Srimulat Berjuang Hidup dengan Penyakit Jantungnya

“Kala ofisial perlombaan film menganalisa kejadian offside yang amat lingkungan, untuk mereka durasi lalu sedemikian itu saja. Buat instruktur, buat pemeran, pemirsa, itu betul- betul berlainan,” tutur Pierluigi Collina, pimpinan panitia penengah FIFA.“ Dikala ini, perlengkapan buat melukis garis offside, semacam triangulasi, menginginkan durasi buat menciptakan titik depakan yang pas serta pula posisi pemeran. Pada umumnya diperlukan dekat 70 detik buat lihat offside,” tuturnya, yang diambil ESPN, Jumat (01/07/2022).

“Walaupun alat- alat ini lumayan cermat, akurasinya bisa ditingkatkan. FIFA sudah bertugas buat meningkatkan Teknologi Offside Semi- Otomatis, yang membagikan mungkin pada ofisial perlombaan buat membuat ketetapan offside yang lebih kilat serta lebih cermat.

” Tidak hanya itu, kita ketahui amat susah buat menguasai bila seseorang pemeran terletak dalam posisi offside ataupun onside, sebab kedua garis itu bersebelahan satu serupa lain. Teknologi Semi- Otomatis Offside bisa dipakai buat membuat penggambaran terkini dari kejadian offside pipih dengan kartun 3D yang diperoleh dengan cara otomatis memakai informasi yang serupa.

“Semua percobaan yang kami lakukan bekerja dengan amat baik, dan oleh karena itu FIFA telah memutuskan untuk menerapkan penggunaan Teknologi Offside Semi-Otomatis di Piala Dunia FIFA Qatar 2022,” kata mantan wasit berkepala plontos asal Italia tersebut.

Ketetapan offside sepatutnya cuma menyantap durasi lebih lama dari pada umumnya 25 detik bila mengaitkan sebagian bagian offside, ataupun bila terdapat pandangan individual yang lebih kompleks semacam pemeran penyerbu yang mengusik game, seperti dikabarkan ESPN.

  • Share