Saran Aplikasi Untuk Pendukung Bulan Ramadan 2021

siaran24.com – Bagi umat muslim Bulan Ramadan 2021 adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan keimanan. Tak pelak dimanfaatkan untuk menjalankan ibadah yang dianjurkan dengan memanfaatkan aplikasi.

Di era digital saat ini, teknologi dapat menunjang umat muslim menjalankan ibadah mulai dari mencari jadwal imsyakiah, buka puasa, waktu salat, hingga membaca ayat suci Al- Qur’an dan masih banyak lagi.

Aplikasi Pendukung Sholat

1. Sholat Indonesia

Aplikasi ini dapat mengetahui jadwal sholat dan waktu imsakiyah di seluruh Indonesia. Pengguna juga dapat merasakan berbagai fitur lain untuk menunjang ibadah, yakni fitur baca Al-Qur’an, menentukan arah kiblat, mencari lokasi masjid terdekat hingga fitur alarm untuk mengingatkan waktu sholat.

Lewat aplikasi ini pengguna dapat mengatur waktu untuk menyesuaikan dengan imsyak dan berbuka puasa. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS yang tentunya dengan nama berbeda.

2. Romadon

Aplikasi tersedia di iOS ini pendukung selama bulan ramadan 2021. Lewat aplikasi ini pengguna dapat mengetahui jadwal lengkap sholat 5 waktu di setiap hari.

Terdapat juga jadwal yang lengkap untuk memberitahu jadwal imsak di lokasi tertentu. Selain itu disertai panduan arah kiblat yang dapat digunakan untuk mengetahui ara sebelum sholat.

3. Usholli – Jadwal Sholat Kemenag RI

Aplikasi Usholli diklaim memiliki data yang sesuai dengan jadwal sholat 5 waktu yang dimiliki Kemenag RI. Lewat aplikasi ini pengguna dapat mengetahui jadwal sholat.

Melalui platform itu pengguna dapat mengatur notifikasi yang bisa di atur sesuai waktu sholat yang diinginkan. Aplikasi ini baru tersedia di Android.

Aplikasi pendukung mengaji

Selain aplikasi jadwal sholat, ada pula aplikasi yang isinya terdapat bacaan Al-Qur’an dan berbagai amalan sunnah lain. Aplikasi ini memudahkan untuk mengamalkannya di manapun dan kapanpun.

Aplikasi mengaji yang dapat diunduh lewat toko aplikasi di iOS dan Android yang menjadi pendukung mengaji bulan ramadhan 2021.

1. Muslim pro

Siaran 24

Aplikasi yang sempat dikabarkan menjual data penggunanya ini dapat diunduh melalui toko aplikasi yang isinya dapat menunjang Anda untuk mengamalkan membaca ayat Al-Quran.

Tidak hanya itu, aplikasi disertai dengan berbagai fitur andalan, yakni membaca Alquran lengkap, kalender Hijriyah, arah kiblat, waktu berbuka, zakat, tasbih, dan 99 sifat Allah (Asmaul Husna).

2. Al-Quran Indonesia

Aplikasi ini merupakan besutan penembang Andi Unpam yang menghadirkan terjemahan bahasa Indonesia yang lengkap dengan mp3 murottal, 30 juz atau 114 surah.

Al-Quran Indonesia memiliki tampilan yang relatif nyaman dilihat dengan format aksara yang terbilang mudah untuk dibaca. Aplikasi ini juga dapat direkomendasikan bagi kalangan usia lanjut agar membaca aksara Qur’an lebih terlihat jelas.

3. Muslim Go

Aplikasi Muslim Go merupakan buatan anak bangsa yang telah diunduh lebih dari satu juta pengguna. Selain menyajikan bacaan Al-Quran, terdapat pengingat waktu berbuka, sahur, dan imsak, hingga kumpulan doa yang bisa dibaca setiap hari.

Selain itu ada juga buku, musik, video, hingga komik yang diambil dari kisah tauladan Islam. Dalam aplikasi juga sudah tersedia suara Syeih Musyari Rasyid yang membacakan ayat-ayat Al Quran.

Baca Juga :Akan Segera Dibukanya MotoGP Jerman Dan Austria Bagi Penonton

Selain itu ada pula aplikasi yang dapat mengetahui arah pasti kiblat sebagai penunjang sholat para umat muslim. Arah kiblat merupakan hal yang penting diketahui sebelum melakukan sholat.

Meskipun Kiblat dapat diketahui menggunakan kompas, di era digital saat ini beberapa aplikasi juga dapat mengarahkan lokasi kiblat yang dianggap akurat dan bisa diunduh di Android dan iOS.

1. Arah Kiblat 100 persen

Platform Arah Kiblat 100 persen menggunakan fasilitas GPS yang ada di gawai para penggunanya. Jadi pengguna dapat menentukan arah Kiblat dengan akurasi hingga 100 persen.

Aplikasi ini dapat diunduh di toko aplikasi Playstore secara cuma-cuma. Pengguna juga dapat mengganti tema dan menghapus iklan di aplikasi dengan membayar sejumlah biaya kepada pengembang.

2. i-Qibla

Aplikasi penunjuk arah Kiblat yang dapat diunduh di iOS yakni i-Qibla. Melalui aplikasi ini pengguna dapat merasakan fitur arah kiblat pada saat membuka aplikasi.

Tiak hanya itu pengguna juga dapat merasakan berbagai fitur, yakni membaca Al-Quran, waktu sholat, doa, tasbih digital, adzan pada waktu salat dan kumpulan asmaul husna.

Itulah sederet aplikasi pendukung selama bulan Ramadan yang dapat digunakan sebagai penunjang beribadah di bulan puasa tahun 2021. Anda dapat mengunduhnya menggunakan ponsel pintar iOS maupun Android.

Sumber