Satgas Covid Belum Bisa Pastikan Warga Indonesia Sudah Capai Herd Immunity

  • Share

Satgas Covid Belum Bisa Pastikan Warga Indonesia Sudah Capai Herd Immunity – Pemerintah belum bisa memastikan herd immunity atau kekebalan komunal terhadap virus corona sudah terjadi di Indonesia.

Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Alexander K. Ginting mengatakan masih perlu serangkaian tes untuk memetakan jumlah kasus Covid-19 secara riil di lapangan.

Hal itu Alex sampaikan guna merespons pernyataan epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Citra Indriani yang menyebut bahwa Indonesia kemungkinan sudah mencapai herd immunity.

Prediksi Citra itu didasari potensi setidaknya 80 persen warga sudah terpapar varian Delta, sehingga mayoritas sudah memiliki imunitas secara alamiah pasca infeksi.

“Karena saat ini masih dilakukan pemeriksaan seroprevalensi test secara random dan sampling, untuk melihat respons imunitas yang spesifik terhadap virus SARS Cov 2,” kata Alex melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (23/11).

Kendati demikian, Alex juga tak menampik apabila klaim 80 persen warga Indonesia terinfeksi varian Delta itu memang berpotensi terjadi. Sebab menurutnya, sejak September lalu data menunjukkan bahwa 34 provinsi di Indonesia sudah terjangkiti varian Delta.

Baca Juga : Jokowi Menghimbau RS Antisipasi Lonjakan Kasus Covid Pada Akhir Tahun

Meski begitu, Alex tetap meminta masyarakat menunggu tes seroprevalensi yang saat ini masih terus dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di sejumlah daerah.

Adapun seroprevalensi yang dimaksud adalah survei dan penelitian yang dilakukan untuk menghitung jumlah individu dalam suatu populasi yang menunjukkan hasil positif untuk penyakit tertentu berdasarkan spesimen serologi atau serum darah.

“Karena hampir semua kabupaten/kota sudah terinfeksi (varian Delta) walaupun tidak seluruhnya menjadi sakit,” ujarnya.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kemenkes Siti Nadia Tarmizi sebelumnya juga mengungkapkan hasil survei seroprevalensi sementara terhadap warga Indonesia menunjukkan bahwa setidaknya 14 persen penduduk Indonesia sudah terinfeksi virus corona.

Apabila merujuk pada data Badan Pusat Statistika (BPS) per September 2020 yang mencatat jumlah penduduk Indonesia sebanyak 270,2 juta jiwa. Maka 14 persen penduduk Indonesia itu setara dengan 37,8 juta jiwa. Sementara temuan kasus Covid-19 yang dilaporkan secara resmi hingga hari ini berjumlah 4.253.598 orang.

  • Share
Exit mobile version