Thailand Targetkan Produksi 18 Juta Unit Kendaraan Listrik 2035

siaran24.com – Pemerintah Thailand dilaporkan ingin semua mobil listrik yang dijual di dalam negeri merupakan produksi lokal mulai 2035. Bangkok Post pada pekan lalu menjelaskan keinginan itu lima tahun lebih awal ketimbang rencana sebelumnya. Keinginan itu dilatarbelakangi permintaan sektor swasta yang kemudian disetujui oleh The National New Generation Vehicle Commite yang dikepalai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Energi Supattanapong Punmeechaow.

Komite itu juga menetapkan target sebesar 50 persen kendaraan listrik di dalam negeri diproduksi lokal pada 2030.

Siaran 24

“Kami juga perlu mengakselerasi penggunaan dan permintaan sepeda motor listrik untuk memenuhi target tinggi itu,” kata Supattanapong.

Presiden Federations of Thai Industries (FTI) Supant Mongkolsuthree mengapresiasi target baru itu dengan mengatakan dia bakal membantu Thailand, yang dikenal sebagai ‘Detroit of Asia, menjadi basis produksi global kendaraan listrik dalam periode 15 tahun.

Target baru Thailand yakni memproduksi 1,051 juta unit kendaraan listrik pada 2025 yang terdiri dari 400 ribu unit mobil dan pikap, 620 ribu unit sepeda motor, serta 31 ribu bus dan truk.

Pada 2030 total kendaraan listrik produksi lokal mencapai 6,22 juta unit yang terdiri dari 2,93 juta unit mobil dan pikap, 3,13 juta unit sepeda motor, serta 156 ribu unit bus dan truk.

Baca Juga :Tembus Perempatfinal Miami Open Dari Naomi Osaka

Pada 2035 jumlah itu ditargetkan sebanyak 18,41 juta unit, terdiri dari 8,62 juta unit mobil dan pikap, 9,33 juta unit sepeda motor, serta 458 ribu unit bus dan truk.

Komite juga menyetujui pembentukan divisi khusus yang mengkoordinasikan isu pelengkap ekosistem seperti infrastruktur serta insentif dan pajak.

Sumber