Trik Agar Ponsel Tidak Mudah Panas Ketika Sedang Bermain Game Atau Video Call

siaran24.com – Ketika anda sedang bermain game android anda di sepanjang hari atau melakukan video call dengan orang lain masih dilakukan sejumlah orang imbas pembatasan aktivitas akibat pandemi Covid-19. Namun masalah yang dihadapi ketika melakukan dua hal itu adalah tiba-tiba smartphone terasa panas. Ada beberapa tips yang mungkin bisa dilakukan untuk mengurangi panas pada smartphone.

Berikut tips agar ponsel tidak panas saat bermain game atau video call:

Siaran 24

1. Kosongkan RAM

Mengutip Tech Avator, tutup semua aplikasi yang sedang berjalan sebelum meluncurkan game apa pun. Menjalankan game sendiri mengurangi perangkat dari beberapa tugas latar belakang sehingga meminimalkan kemungkinan memanas.

Ponsel akan menggunakan daya pemrosesan sesedikit mungkin jika menjalankan satu aplikasi dalam satu waktu. Semakin sedikit daya pemrosesan yang dijalankan ponsel maka semakin rendah suhu ponsel.

2. Kecerahan layar lebih rendah

Mempertahankan tingkat kecerahan yang tinggi akan meningkatkan suhu perangkat. Jika menggunakan perangkat di dalam ruangan maka dapat bekerja dengan tingkat kecerahan serendah mungkin.

Level optimal tidak boleh melebihi adalah 50 persen. Matikan juga kecerahan adaptif karena menggunakan sensor jarak ponsel yang bisa menghabiskan lebih banyak baterai sehingga meningkatkan suhu perangkat. Bekerja dengan tingkat kecerahan yang lebih rendah juga akan berdampak positif pada masa pakai baterai ponsel dalam jangka panjang.

3. Hindari sinar matahari langsung

Paparan sinar matahari langsung mungkin baik untuk kesehatan, tetapi tidak pernah baik untuk ponsel. Sinar matahari adalah sumber panas eksternal. Panas ekstra akan mempengaruhi komponen internal perangkat, yang pada gilirannya mempengaruhi kinerja dan umur.

Ingat, Anda juga harus meningkatkan kecerahan saat bermain di luar ruangan, yang juga menyebabkan panas berlebih.

Baca Juga :Raih Gelar Italia Open Ke-10, Nadal Puas Kalahkan Djokovic

4. Copot pemasangan semua aplikasi pendingin

Hindari semua aplikasi yang mengklaim dapat mendinginkan ponsel. Menginstal aplikasi tambahan dan menjalankannya dapat menghabiskan sebagian besar sumber daya ponsel. Faktanya, perangkat lebih cenderung memanas jika memiliki aplikasi tambahan yang berjalan bersama aplikasi yang lain.

Aplikasi ‘Pendingin’ tidak pernah berfungsi, beberapa bahkan digunakan untuk mencuri data pribadi. Selain itu, sebagian besar aplikasi itu bekerja dengan menutup aplikasi yang berjalan di background, yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna saat menggunakan ponsel untuk tujuan lain selain bermain game.

5. Gunakan WiFi

Melansir Krispi Tech, hampir seluruh aplikasi konferensi video tidak menawarkan opsi kualitas video dan audio. Sehingga, anda dapat mengaktifkan Mode Pesawat dan kemudian mengaktifkan WiFi setelahnya sehingga melakukan panggilan video hanya melalui koneksi nirkabel.

Ini akan membuat antena operator dinonaktifkan (mengurangi penggunaan daya dan menurunkan suhu keseluruhan) sambil tetap memungkinkan terhubung ke internet (melalui WiFi) dan menerima panggilan telepon/ pesan teks.

Sumber